Kenapa Jari Kita ada 5? Kenapa Enggak 6?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa jari manusia itu hanya ada 5? bukan 6 atau pun lebih dari segitu.

Umumnya pada manusia normal, jari-jari tangan manusia pada masing-masing tangan berjumlah 5 buah, yang terdiri dari ibu jari (jempol), jari telunjuk, jari tengah, jari manos, dan jari kelingking.

Tapi pernah gak kalian bertanya-tanya, kenapa sih jari manusia itu hanya ada 5. Terus jika lebih dari 5 apa yang terjadi dengan manusia?

Ternyata jari manusia itu hanya 5 buah karena berawal dari evolusi. Pada zaman dahulu kala, nenek moyang semua hewan darat bertulang belakang termasuk manusia itu hidupnya di laut. Sebelumnya mereka mempunyai sirip, namun setelah mereka bermigrasi ke darat, kelamaan sirip-sirip tersebut berubah menjadi jari-jari.

Namun, berdasarkan penelitian, semakin banyak mempunyai jari, hewan-hewan ini akan mengalami susah bergerak. Makanya, sifat yang bertahan adalah jari yang tidak mempunyai jumlah yang banyak.

Bahkan, seorang peneliti bernama Mark Changizi setelah melakukan analisis sebanyak 190 spesies, sebenarnya kita cukup mempunyai 4.91 jari per tangan buat hidup di darat.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah kita bisa kembali mempunyai jari berjumlah 6 atau lebih dari segitu? Jawabannya ternyata susah banget. Dalam hukum revolusi, hampir tidak mungkin terulang sesuatu yang pernah terjadi, dan kemungkinan akan hilang selamanya.

Hal tersebut digambarkan seperti kartu yang dikocok, sangat mustahil untuk membalikkan urutannya seperti semula. Tetapi jika lingkungannya mendukung, ada juga kemungkinan akan kembali berevolusi mundur.

Seperti contoh burung mandar, dulu nenek burung mandar ini gak bisa terbang karena gak perlu kabur dari buruan predator, terus mereka pun punah. Setelah itu, mereka kembali lagi dan karena tidak ada predator, mereka pun tercipta kembali tak bisa terbang seperti nenek moyangnya.

Tapi ternyata, ada hasil genetik yang bisa menyebabkan manusia itu bisa mempunyai lebih dari 5 jari namanya Polidaktili. Gen ini bersifat dominan, artinya jika salah satu orang tua mempunyai 6 jari, dipastikan anak-anaknya juga mempunyai lebih dari 6 jari. Namun karena gen ini jarang terjadi di manusia, maka orang yang mempunyai 6 jari juga jarang ditemukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenapa Jari Kita ada 5? Kenapa Enggak 6?"

Posting Komentar